Selasa, 11 September 2012

Geguritan I NENGAH JIMBARAN


Geguritan I NENGAH JIMBARAN
karya Ide I Gusti Ngurah Made Agung

Monumen Ide I Gusti Ngurah Made Agung
di lokasi Perempatan Banjar Tainsiat di ujung Utara
Jalan Veteran Denpasar-Bali dimana beliau gugur
pada saat puputan Badung pada tanggal 20 September
1906 diiring keponakannya yaitu:  I Gusti Alit Raka Putra

 

1.   Siang malam berpikir, menjadi orang zaman sekarang, dari bodoh kuwatire, mencari nikmat betul, susah payah cobaning iblis, mugi-mugi tulusa, hati sabar maklum, meski dalam kesusahan, kita minta supaya kuat berdiri, hati medhepi suksma.
2.  Nyang kitarep puji saben hari, moga slamat trada keputusan, di donya akhirat baik, selama pegang umur, trada lupa pada Hyang Widi, mugi-mugi kabula, dapat panjang umur, trada nampak batal haram, kebetulan berjumpa hati yang suci, dan lagi hati sabar.
3.   Kekayaan orang dunya ini, trada lain dari hati sabar, nyang perlu dicari baik, lulmating pegang umur, yang menjaga sehari-hari, yang kasih jalan slamat, menjauhkan musuh, membesarkan rasa mulya, kenikmatan meski sampe awal akhir, yaitu lebih kuasa.

4.     Keduanya disamaken api, dengan racun membuat cilaka, tapi pikir bodoh tulen, yang pelihara tekbur, nafsu jahat kuwat berdiri, setan berumah tangga, di hatinya teguh, kesukaan nganiaya, iblis katon supaya orang berpikir, jangan tersalah paham.
5.   Putih merah supaya ngetahui, kuning, hitam, jangan kekhilapan, nyang betul lebih gaibe, karena orang geguru, minta trang kabar yang yakin, tinebus dengan setya, kehurmatan sujud, suka menyerahkan badan, serta lagi menyium tapaknya kaki, dari beratnya ajar.
6.   Halus-halusnya ilmu yang wajib, pliharaken supaya bertambah, itu orang sugih baik, dapat rejeki penuh, tyada boleh ambil pencuri, seperti kita orang, ketelatan bingung, tapi kepingin rasanya, rasa mulya kesasar katenggor iblis, krana kasurang-surang.
7.  Tapi dalem hati tyada brenti, kita niatken pada Hyang Suksma, negri Badung rahayune, sekalian ratu-ratu, sanak sekalian saudara kami, moga-moga tulusa, dapat panjang umur, menjalankan pekerjaan, serta inget dan takut pada Hyang Widi, berjalan sia-sia.
8.    Rumeksa rakyat senegri, supaya nyabar tambah slamat, orang kecil suka baik, tanggung di bawah hukum, menetepken hati yang baik, tyada kesalahan, perbuatan yang seru, dan lagi agama Brahma, catur yadma supaya inget berpikir, yang patut kejalanen.
9.      Serta pula yang patut disinggahi, yang berdosa kepada Hyang Suksma, supaya terang tekade, yang mantep serta tulus, ikhlas hati bakti ring Widi, tiada keputusan, mencari yang betul, supaya inget semuanya, asal nyawa dan lagi semuanya jisim, daripada Hyang Suksma.
10.   Dan kdwanya inget pada diri, darah dari raja-raja besar, yang dulu-dulu asale, serta ikhlas dan tulus, pegang pangkat dari Hyang Widhi, supaya bisa kuat, ya bila tekbur, menetapkan hati sabar, coba sabar ya sabar lagi, memegang pemerintahan.
11.   Hati mesti sabar pegang adil, mengobahkan titahnya agama, supaya petitis baik, menjalani yang betul, nyang sudah sah mufakat dari, papreksaan aksara, agama yang dulu, menetepken kelakuan, nyang kesuhur dari orang alim adil, yang sudah keliwatan.
12.    Nyang tersebut di dalemnya tulis, serta pahamnya supaya terang, menuntut sebole-bole, dari timbangan halus supaya jangan kalempit, menimbang panjang-panjang, perkara yang wujud, apa yang bikin selamet, supaya inget serta dikasihi, hati suci dan sabar.
13.     Serta lagi supaya berpikir, siang malem tyada keputusan, memikir negri slamete, daerah kota Badung, serta sampe jajahan pinggir, rajin-rajin mamreksa, apa sudah betul, apa belum kejalanen, apa suka apa susah orang negri, itu supaya terang
14.   Itu negri yang badan sendiri, tyada boleh jaga dengen lengah, jikalau kasihan dirine, negri juga begitu, tyada boleh dibuat lain, hati sendiri jangan, dibedakan wujud, sama hati orang banyak, kita susah orang lain susah lagi, timbang dengan ikhtiar.
15.    Dan supaya inget dalem hati, kekuasaan tyada dengan kuat, nyang ada dalem dirine, brani bisa dan kukuh, berlindung takdir Hyang Widi, mencari tempat slamat, bisa kuat betul, tapi dalam hati sabar, biji besar timbulnya segala baik, pada badan manusia
16.     Lagi pula yang kedua pikir, nafsu akal supaya slamat, saben-saben keluar sare, akal titahken dulu, jangan nafsu dikasih dingin, jauh pada Hyang Suksma, nyang pelihara nafsu, nafsu yang menarik setan, jika tak tekan nafsu jahat mesti jadi, bikin badan celaka.
17.      Kita minta kepada Hyang Widi, kasih inget orang pegang pangkat, raja-raja sekaliane, yang ada di negri Badung, supaya membikin suci, slamat badan dan rakyat, dengan serta kukuh, bakti kepada Hyang Suksma, umur panjang, bertambah-tambah rejeki, yang turun Arya Damar.
18.   Sebab kita ada kurang budi, susah payah kategor cilaka, barangkali sudah janjine, supaya salah satu, boleh dapat rahmat Hyang Widi, bisa membikin slamat, negeri Badung, asal darah Arya Damar, suka sukur kita pada Hyang Widi mendapat pertulungan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sertakan email Anda ya.